Secara sederhana, mesin pemesanan atau booking engine hotel adalah aplikasi pada situs web hotel dan halaman media sosial untuk menangkap dan memproses pemesanan online langsung, saat ini booking engine banyak tersedia dengan berbasis cloud, sehingga tidak perlu melakukan instalasi khusus pada perangkat anda.

Booking Engine adalah kunci Anda untuk mendapatkan pemesanan langsung bebas komisi; cara untuk mengoptimalkan strategi penjualan properti Anda dan memaksimalkan revenue.

Booking Engine atau mesin pemesanan online bekerja dengan menghubungkan situs web hotel anda dan memproses pemesanan online aman yang dilakukan melalui situs web.  Nantinya data tersebut kemudian diteruskan ke sistem manajemen property anda sehingga anda dapat mengakses dan mengelola pemesanan yang terjadi.

Booking engine dapat disinkronkan tidak hanya dengan situs web hotel, namun bisa juga facebook bisnis anda. Ini berarti tamu dapat memesan kamar Anda tanpa harus mengunjungi situs web resmi Anda atau situs perjalanan online lainnya.

Ini adalah cara yang sangat nyaman bagi wisatawan untuk melakukan reservasi. Booking engine akan menampilkan tarif dan ketersediaan Anda secara real-time dan memungkinkan para tamu untuk memilih tanggal mereka dan menyelesaikan reservasi.

Booking engine juga dapat berintegrasi dengan Channel Manager, sehingga dapat beroperasi dan dikelola dengan cara yang sama seperti OTA yang Anda hubungi.

Sebagai rangkuman berikut keuntungan Booking Engine untuk property anda:

  • Para tamu dapat dengan mudah dan mandiri mengelola booking – Wisatawan dapat memeriksa kamar mana yang tersedia mulai dari kapan, dan untuk berapa banyak, tanpa perlu menghubungi pihak property.
  • Tamu mempercayai pemesanan online – Saat tamu melakukan pemesanan, booking engine Anda dapat menerima pembayaran kartu kredit dengan aman, dan data tamu disimpan dengan aman dan dapat diakses di satu tempat.
  • Tamu dapat memesan lebih cepat – Pemesanan online mengakhiri era telepon atau email, dengan pelancong dan hotel berhubungan selama berhari-hari sebelum mengonfirmasi pemesanan.
  • Tamu mencari keuntungan pemesanan langsung – Orang akan sering mengunjungi situs web Anda dengan harapan jika mereka memesan langsung, mereka akan mendapatkan sesuatu yang lebih untuk masa inap mereka dibandingkan jika melakukan pemesanan melalui channel lain misalnya OTA. Ini adalah hal yang akan dilakukan banyak properti untuk menghemat pembayaran komisi kepada pihak ketiga.
  • Lebih profesional – Tamu modern akan terkejut jika mereka tidak dapat melakukan pemesanan online di situs web Anda. Hal ini mungkin memberi kesan bahwa property Anda tidak update dan mereka akhirnya akan memesan properti lain.

Dengan booking engine yang tepat, maka property anda akan dapat meningkatkan konversi dengan pengalaman pemesanan tamu yang sederhana, dapat menghemat waktu dengan penyiapan yang cepat dan mudah, dapat menghilangkan entri manual dengan integrasi instan, dapat membuat keputusan yang lebih baik dengan data yang tersedia pada booking engine, serta mendapatkan keuntungan atas competitor yang tidak memiliki booking engine.

Ecommerceloka memiliki fitur booking engine lengkap seperti terintegrasi dengan payment getaway, alokasi kamar sesuai yang tersedia pada CRS, fitur promo code, dapat menjual add on/extra seperti Spa, Package, Airport transfer, dan lain-lain, serta booking engine dapat diakses dimana saja karena berbasis cloud. Tertarik gunakan Booking engine untuk property anda? Hubungi ecommerceloka sekarang.