Setiap pelaku bisnis perhotelan tentu ingin meningkatkan pemesanan langsung atau direct booking pada situs hotel mereka, cepat atau lambat. Jika hotel memiliki website brand, kemungkinan besar, hotel sudah mengambil langkah untuk mendapatkan pemesanan dari website brand.

Namun sebagian besar hotel justru berusaha untuk mendapatkan peringkat pada OTA, sehingga segala promo dan optimasi hotel fokus pada OTA. Pengunjung hampir tidak mencapai website hotel, apalagi melakukan pemesanan langsung.

Lalu bagaimana mendapatkan direct booking jika tingkat konversi pada situs web hotel dibawah 2%? Faktanya, Peningkatan direct booking adalah hasil dari banyak upaya kolaboratif. Dan yang paling penting, Anda harus melakukan keseimbangan antara strategi OTA dan strategi direct booking. Hal ini karena banyak calon tamu datang ke situs web hotel setelah mereka menemukan brand Anda di platform OTA.

Berikut adalah cara tingkatkan direct booking pada situs web hotel anda!

 

1. Optimalkan situs web hotel

Ketika kita berbicara tentang cara meningkatkan direct booking, situs web hotel Anda memainkan peran penting. Situs website yang baik harus menarik secara visual, mudah dinavigasi, serta user friendly. Pastikan situs website hotel anda terlihat di mesin pencari sehingga menarik peningkatan pengunjung. Jangan lupa untuk memastikan bahwa situs web hotel anda tidak membutuhkan waktu lama untuk memuat.

Situs web hotel Anda harus responsif terhadap seluler,  karena pemesanan yang datang dari perangkat seluler meningkat dari tahun ke tahun, yaitu sekitar 10%. Selain itu, pastikan website hotel anda tersedia fitur seperti multi-bahasa dan multi-mata uang, Tawarkan dan pastikan Jaminan Harga Terbaik.

 

2. Integrasikan Website Hotel anda dan jadikan Sumber Potensial untuk direct booking

Cara meningkatkan direct booking adalah dengan memastikan website hotel anda terintegrasi dengan payment gateway dan booking engine. Para tamu bahkan dapat menerima konfirmasi instan untuk pemesanan mereka melalui booking engine. Hal ini meningkatkan kepercayaan tamu bahwa hotel sudah menerima pemesanan.

 

3. Izinkan tamu untuk memesan langsung melalui halaman Facebook Fanpage hotel

Di dunia media social saat ini, platform terkemuka seperti Facebook dan Instagram memainkan peran utama dalam meningkatkan brand awareness hotel Anda. Para tamu tidak hanya berbagi pengalaman menginap di hotel dan foto-foto mereka di Facebook, tetapi juga menggunakan platform ini untuk memesan akomodasi.

 

4. Kembangkan keberadaan hotel Anda di mesin metasearch

Menurut Trivago, sekitar 50% dari semua pemesan online menggunakan metasearch untuk menemukan hotel ideal mereka, dan tren ini akan meningkat di tahun-tahun mendatang. Mesin metasearch membantu wisatawan membuat reservasi hotel yang terinformasi dengan memungkinkan mereka membandingkan harga hotel yang tercantum di beberapa OTA. Ecommerceloka dapat memberikan sistem untuk memenuhi hal ini. Kontak ecommerceloka sekarang!

 

5.  Tawarkan program loyalitas

Pengalaman pelanggan bukanlah mitos! Ini adalah revolusi yang dengan cepat menaklukkan setiap jenis bisnis, di semua industri. Program loyalitas tamu adalah cara yang bagus untuk membuktikan kepada tamu bahwa Anda dapat dipercaya dan bahwa Anda peduli dengan tamu Anda.

Berikan insentif kepada tamu Anda dengan program loyalitas untuk direct booking. Beri tahu mereka bahwa mereka dapat memperoleh poin yang dapat dengan mudah ditukarkan pada hotel anda. Ini bukan hanya strategi direct booking yang bagus untuk hotel, tetapi juga sesuatu yang akan membantu membangun hubungan jangka panjang hotel dengan tamu.

Ingin tingkatkan Direct Booking pada hotel anda? Hubungi ecommerceloka sekarang