Jika anda pernah bertanya mengapa hotel atau properti anda tidak muncul pada page pertama di halaman OTA, mungkin anda tidak sendirian. Pertanyaan ini paling banyak diajukan oleh pemilik property. Biasanya jawaban dari pertanyaan ini cukup beragam karena setiap channel OTA memiliki kriteria tersendiri untuk menentukan peringkat hotel anda pada channel mereka.

Lalu mengapa peringkat hotel anda pada halaman OTA itu menjadi penting? Hal ini dikarenakan ketika anda melakukan agreement dengan OTA tidak secara otomatis menghasilkan penjualan yang signifikan, selain itu pemesanan yang Anda hasilkan pada OTA salah satunya bergantung pada peringkat property anda pada channel tersebut.

Pahami beberapa Rahasia Optimalkan Peringkat Hotel Anda pada OTA berikut ini:


1. Tentukan Segmen Anda
Anda perlu mengetahui market yang ingin anda jangkau sesuai strategi anda, dengan melakukan pemosisian ini, anda bisa fokus pada channel yang memiliki dampak besar bagi properti anda. Ini akan memberikan hasil yang maksimal, karena setiap OTA memiliki kriteria dan market yang berbeda.

2. Tentukan deskripsi yang tepat dan akurat
Informasi yang Anda berikan kepada calon tamu harus tepat dan akurat. Tunjukkan apa yang membedakan Anda dari competitor Anda serta deskripsikan secara spesifik dan jujur sehingga ​​meningkatkan kemungkinan tamu akan memesan dengan Anda.

3. Tawarkan visual yang kuat
Penelitian menunjukkan bahwa gambar dapat terkonversi pada tingkat yang lebih tinggi. Gambar properti Anda harus menarik dan memberi tamu gambaran yang jelas tentang apa yang diharapkan. Sertakan gambar interior yang menunjukkan semua elemen kamar, gambar area umum, gambar eksterior, dan gambar layanan seperti makanan, pelayanan kebersihan, dan sebagainya. Pastikan anda menggunakan gambar dengan resolusi terbaik dan kualitas visual yang tepat.

4. Cantumkan semua fasilitas Anda
Menampilkan fitur tambahan dapat membantu menarik tamu dan meningkatkan visibilitas hotel Anda pada OTA. Sebagian besar OTA memungkinkan tamu untuk mencari berdasarkan fitur jadi pastikan daftar fitur atau fasilitas Anda lengkap dan akurat.


5.  Optimalkan harga dan ketersediaan
Gunakan tarif dan ketersediaan Anda, serta promosi khusus apa pun, sebagai alat untuk mengoptimalkan kinerja hotel Anda dalam periode waktu tertentu. Revenue Management dapat membantu anda mengidentifikasi posisi harga terbaik terhadap kompetitor Anda dan merupakan alat yang sangat baik untuk membantu pelaku bisnis perhotelan menghasilkan lebih banyak keuntungan.


Apa yang bisa ecommerceloka lakukan untuk hotel Anda?
Tim profesional ecommerceloka telah berpengalaman dalam mengelola lebih dari 20 channel OTA termasuk Booking.com, Expedia, Airbnb, Agoda, Traveloka, Homeaway, dan masih banyak lagi. ecommerceloka juga memiliki Hospitality Cloud System yaitu sistem yang terintegrasi dengan Channel Manager, Booking Engine, dan Central Reservation System berbasis Cloud, sehingga Anda dapat mengontrol, meningkatkan, dan memaksimalkan pendapatan di hotel.