Setiap pengusaha hotel tentu setuju bahwa segmentasi market pada hotel adalah kunci dari strategi manajemen revenue yang baik. Tidak hanya membantu Anda memahami segmen tamu dan perilaku pemesanan mereka, tetapi juga memungkinkan Anda memenuhi kebutuhan tamu dan menyesuaikan budget secara lebih efektif.

Segmentasi market hotel adalah cara mengelompokkan tamu hotel menjadi beberapa segmen berdasarkan karakteristik tertentu. Tujuan menggunakan market segmentation hotel terletak pada melayani kebutuhan setiap tamu dengan lebih baik dan memaksimalkan revenue.

Terlepas dari jenis hotel, pada umumnya market segmentation pada hotel dibagi berdasarkan jenis pemesanan yang dilakukan tamu. Misalnya tamu memesan melalui agent, bepergian secara mandiri atau rombongan, hingga pemesanan melalui corporate. Lebih jauh, tak jarang hotel melakukan market segmentation secara mendalam seperti memahami behavior dan demografi tamu.

Jika anda sudah melakukan market segmentation, maka banyak keuntungan yang akan hotel anda peroleh dan dapat dimanfaatkan untuk potensi hotel anda kedepannya. Berikut beberapa manfaat kelola market segmentation hotel:

1. Memahami Harapan Tamu

Penawaran upselling yang dilakukan hotel sering kali membingungkan tamu, hal ini karena beberapa penawaran dirasa tidak relevan dengan tamu. Misalnya hotel menawarkan upgrade kamar yang tidak sesuai dengan anggaran tamu. Oleh karena itu, market segmentation hotel perlu dilakukan agar profil tamu anda terperinci dan anda dapat menawarkan program yang relevan dengan harapan tamu.

 

2. Menawarkan guest experience secara personalise

Jika anda telah mengidentifikasikan jenis tamu hotel anda serta menghasilkan penawaran yang menarik, maka selanjutnya adalah mengajukan penawaran kepada tamu. Dengan mengetahui market segmentation hotel anda, maka penawaran dapat anda lakukan sesuai dengan profil tamu, hal ini akan memberikan kesan kepada tamu bahwa anda telah mempertimbangkan kebutuhan mereka.

 

3. Maksimalkan Revenue

Setelah Anda memahami market segmentasi hotel anda, tentu anda dapat mengetahui spending tamu anda selama menginap. Anda dapat melakukan segmentasi sesuai dengan profil tamu anda sehingga anda dapat menentukan pendapatan tamu dan mengatur strategi untuk memaksimalkan revenue anda. Sebagai contoh, anda membandingkan tamu dengan tujuan bisnis dibandingkan dengan tamu dengan tujuan berlibur, atau tamu yang memesan langsung dan tamu yang memesan melalui agen perjalanan. Tentu saja masing-masing tamu memiliki karakteristik berbeda, sehingga anda dapat menawarkan penawaran khusus.

 

4. Meningkatkan Review Positif 

Dengan mengetahui market segmentation, ​​Tamu akan menghargai Anda karena telah meluangkan waktu untuk melakukan penawaran yang sesuai untuk mereka. Market segmentation memfasilitasi personalisasi, karena penawaran yang paling relevan menjangkau tamu yang tepat pada saat terbaik dalam perjalanan mereka. Dengan hal ini, tamu biasanya akan memberikan pujian untuk pengalaman mereka selama menginap di hotel anda, dan memberikan ulasan di platform review dan tentunya meningkatkan revenue anda.

 

Market segmentation mungkin tampak memiliki banyak proses, namun anda dapat melakukannya sedini mungkin serta melakukan trial dan error sehingga menemukan formula market segmentation terbaik untuk hotel anda. Ingin maksimalkan revenue hotel anda? Hubungi ecommerceloka sekarang