Software berbasis cloud mungkin merupakan salah satu perubahan dalam industri perhotelan selama beberapa dekade terakhir. Dengan menawarkan cara yang aman dan andal kepada pemilik hotel untuk menjalankan properti mereka, cloud-based menghadirkan peluang besar dibandingkan dengan sistem lokal yang lama. 

 

Meskipun demikian, sering kali bayangan untuk mengubah sistem membuat pemilik hotel enggan mengambil langkah selanjutnya, sehingga membuat kehilangan margin keuntungan yang semakin tinggi. Beralih ke sistem manajemen hotel berbasis cloud dapat memastikan bisnis Anda berjalan pada tingkat efisiensi yang tinggi, serta berpotensi meringankan beban kerja. 

 

Anda masih ragu beralih menggunakan software manajemen hotel berbasis cloud? Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus melakukan perubahan ke software manajemen hotel berbasis cloud

 

1.  Keamanan Data Meningkat

Seperti halnya pekerjaan apa pun, Anda memiliki kewajiban kepada tamu Anda untuk melindungi informasi sensitif mereka. Tidak hanya itu, Anda memiliki tanggung jawab yang sama kepada staf dan bisnis Anda untuk memastikan semua data disimpan dengan aman. 

Pemeriksaan dan pemutakhiran keamanan yang sering dilakukan memungkinkan Anda merasa aman karena mengetahui bahwa data Anda seaman dan sebaru mungkin. Dengan menggunakan software berbasis cloud, jika ada pembaruan pada perangkat lunak yang dapat lebih mengamankan informasi Anda, itu akan diterapkan ke sistem Anda secara otomatis tanpa Anda harus meluangkan waktu untuk melakukannya secara manual. 

 

2. Kemudahan Akses  

Software hotel berbasis cloud dapat memberi Anda akses ke sistem Anda sepenuhnya dari jarak jauh (darimana saja dan kapan saja), artinya Anda dapat membuat perubahan dan pembaruan untuk menjalankan hotel Anda, terlepas dari apakah Anda berada di lokasi atau tidak.

Katakanlah, misalnya, seorang tamu baru menghubungi Anda untuk meminta check-in lebih awal besok pagi. Anda sudah pulang pada malam hari dan tidak dapat memeriksa kamar tamu apakah telah dilayani atau tidak. Dengan menggunakan perangkat lunak berbasis cloud, Anda dapat memeriksa jadwal tim Housekeeping untuk memastikan ruangan bersih dan siap untuk tamu berikutnya.

Dengan hal ini, tentu Anda dapat memberikan layanan yang konsisten dan kompeten kepada tamu Anda terlepas dari waktu atau tempat. Salah satu hospitality berbasis cloud yang mudah diakses adalah Hospitality Cloud System oleh ecommerceloka.

 

3 . Fleksibilitas dan User Friendly 

Seperti yang kita semua tahu, waktu adalah elemen yang berharga dalam industri perhotelan dan mengubah sistem seringkali bisa menjadi tugas yang melelahkan. Untungnya, perangkat lunak berbasis cloud cepat dan mudah digunakan. 

Alih-alih menghabiskan waktu berbulan-bulan melatih staf Anda untuk menggunakan perangkat lunak baru, sistem manajemen hotel berbasis cloud cenderung mudah digunakan dan jelas. Anda dapat menyesuaikan sistem Anda agar sesuai dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda. 

Otomatisasi software berbasis cloud, serta mudah digunakan, berarti Anda dan tim Anda dapat menjalankan bisnis yang lebih efisien tanpa kerepotan pelatihan staf yang besar dan berjam-jam dari waktu yang dapat dihabiskan untuk bertatap muka dengan tamu. 

 

4. Integrasi Tanpa Batas

Menjalankan dan mengelola hotel bukanlah hal mudah, terdapat sistem pembayaran, akunting, dan channel lainnya, sehingga untuk menyelaraskan semua sistem tentu tidaklah mudah. Jika anda memulai dengan sistem berbasis cloud, kebutuhan integrasi dengan sistem lainnya tidak akan memakan waktu lama. Dengan sistem yang terintegrasi tentu otomatisasi tanpa hambatan dapat dilakukan, sehingga mengurangi kerumitan dan pekerjaan akan lebih efektif. Misalnya, jika Anda melakukan pemesanan menit terakhir, dengan proses otomatis dari perangkat lunak manajemen hotel berbasis cloud, memasukkan pemesanan akan secara otomatis memperbarui departemen housekeeping tentang urgensi untuk melayani kamar tersebut. Dengan koordinasi menyeluruh, Anda meningkatkan efisiensi serta kepuasan staf.

 

6. Harga 

Mungkin yang paling menarik, sistem dan software manajemen hotel berbasis cloud tidak mahal. Sistem fisik di tempat membutuhkan biaya tidak hanya untuk menyiapkannya, tetapi juga menyiapkan infrastruktur untuk mendukung. Belum lagi server ini membutuhkan perawatan rutin dan mahal. Namun, dengan sistem hotel berbasis cloud, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya server yang besar, pelatihan staf, biaya lisensi perangkat lunak hotel, dan pemeliharaan. 

 

Dengan menggunakan sistem yang fleksibel dan ramah yang beradaptasi dengan laju perubahan industri perhotelan, Anda memberikan kesempatan terbaik untuk sukses pada bisnis Anda. Hospitality Cloud System dari Ecommerceloka menjawab kebutuhan properti atau hotel anda dalam pengoperasian software hotel berbasis cloud. Hospitality Cloud System yaitu Sistem yang terintegrasi dengan Channel Manager, Booking Engine, dan Central Reservation System berbasis Cloud, sehingga anda dapat mengontrol, meningkatkan dan memaksimalkan revenue pada hotel. Ingin tingkatkan revenue anda? Hubungi ecommerceloka sekarang!