Untuk memaksimalkan kesuksesan hotel atau property anda, tentunya melihat pesaing atau kompetitor menjadi salah satu faktor pendukungnya. Secara keseluruhan, informasi yang dikumpulkan dari kompetitor Anda dapat membantu Anda memaksimalkan properti mulai dari operasional hingga marketing. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap mengikuti aktivitas kompetitor Anda!

 

1. Pantau Website Kompetitor

Anda dapat mempelajari kompetitor anda dengan cara memantau situs website meerkat. Periksa tarif, paket, dan penawaran kompetitor anda melalui website mereka, lalu bandingkan dengan milik anda. Hal lainnya yang perlu anda perhatikan, lihat daya tarik yang kompetitor anda tawarkan kepada tamu. 

 

2. Mendaftar ke Email Kompetitor

Mendaftar di newsletter email competitor anda untuk mengetahui campaign mereka secara langsung, tentunya menjadi pelanggan newsletter kompetitor dapat anda manfaatkan untuk melihat jenis penawaran apa yang mereka berikat. 

 

3. Intip Sosial Media Kompetitor

Media sosial dapat anda manfaatkan untuk melihat kompetitor anda baik dari segi marketing maupun bagaimana mereka berkomunikasi dengan audience. Tentu hal ini dapat memberikan anda insight terhadap properti mereka.

 

4. Cek Review Kompetitor 

Apa yang dikatakan orang lain tentang kompetitor Anda? Anda dapat mengetahuinya dengan mudah dengan melihat situs ulasan seperti TripAdvisor, Google Business, review pada OTA, dan lain sebagainya. Apakah ada keluhan atau pujian di antara pesaing Anda yang dapat Anda sesuaikan atau hindari untuk menguntungkan bisnis Anda sendiri?

 

5. Lihat SEO kompetitor

Lakukan pencarian secara cepat di Google menggunakan kata kunci yang kemungkinan besar akan digunakan kompetitor Anda. Apakah bisnis Anda muncul di halaman pertama, atau didominasi oleh kompetitor Anda? Jika didominasi kompetitor anda, Anda mungkin ingin mengerjakan Search Engine Optimization (SEO) situs web Anda, menerapkan kata kunci kompetitif yang digunakan pesaing Anda untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi.

 

6. Visit Properti Kompetitor

Cara kuno untuk melacak kompetitor adalah dengan mengetahui produk dan layanan mereka secara langsung. Kunjungi properti lain di sekitar lokasi properti Anda dan lihat apa yang mereka tawarkan. Apakah ada sesuatu yang dapat Anda gunakan untuk memajukan bisnis Anda sendiri? Catat bagaimana teknik layanan tamu mereka!

 

Tertarik untuk mengetahui bagaimana properti anda dapat meningkatkan performance dari kompetitor? Hubungi ecommerceloka sekarang!