Adanya internet telah banyak memberikan solusi kepada kehidupan sehari-hari, termasuk pemesanan hotel, dimana saat ini pemesanan online bukanlah menjadi hal baru. Saat ini sebagian besar hotel sudah akrab dan memanfaatkan pemesanan online sebagai source revenue, namun ternyata masih ada beberapa hotel yang mengandalkan sumber offline untuk mendapatkan pemesanan. Inilah beberapa alasan hotel anda perlu fokus pada pemesanan online.

 

1. Jangkauan Online 

Kapan pun wisatawan ingin memesan hotel, tindakan langsung pertama mereka adalah membuka Google. Mereka mencari istilah umum seperti : hotel di lokasi XYZ, hotel terbaik di hotel XYZ, hotel murah di lokasi XYZ dan seterusnya. Mereka akan mendapatkan pilihan untuk memesan masa inap mereka dari Online Travel Agent, metasearach, atau situs web hotel itu sendiri. Bagaimana pun sumber reservasi setelahnya, dalam hal ini, jangkauan Hotel anda akan menjadi luas. Sehingga hotel anda akan mendapatkan jangkauan lebih luas dari user

 

2. Sistem manual akan berkurang

Sistem manual atau offline tentu membutuhkan upaya sumber daya manusia sampai batas tertentu, sedangkan pemesanan online membuat upaya manual ini menjadi berkurang. Tidak seperti pemesanan melalui telepon, di mana Anda harus memberikan semua rincian kamar, rencana tarif, dan sebagainya; dalam hal pemesanan online, semuanya tersedia secara online dan otomatis.

Pemesanan dan reservasi dari berbagai platform secara langsung diambil dan dikelola lebih lanjut oleh sistem hotel (booking engine, channel manager, atau central reservation system). Bahkan pembayaran diproses secara online, jadi yang harus Anda lakukan hanyalah fokus memberikan pengalaman terbaik kepada tamu. 

 

3. Nyaman untuk Anda dan tamu Anda 

Ketika hotel anda sudah tersedia secara online, menjadi sangat mudah bagi mereka untuk menemukan hotel anda. Tamu Anda juga menghargai kemudahan pemesanan melalui desktop atau seluler. Selain itu, tamu akan lebih leluasa menelusuri layanan hotel dengan kecepatan mereka sendiri tanpa adanya tekanan penjualan langsung. Opsi pembayaran yang tersedia pada pemesanan online juga membuat alternatif reservasi menjadi lebih menarik dan memudahkan tamu dalam memilih opsi pembayaran.

4. Ketersediaan sepanjang waktu 

Anda dapat menjual inventaris atau ketersediaan kamar anda secara realtime atau 24 jam tanpa sumber daya tambahan. Melalui platform online, tamu Anda dapat memesan dengan Anda kapan saja, di mana saja. Sehingga pemesanan online benar-benar merupakan keuntungan bagi hotel. 

Ingin hotel anda hadir secara online dan meningkatkan revenue anda? Hubungi ecommerceloka sekarang. Ecommerceloka membantu pemilik properti (Hotel, Villa, Apartemen dan Guest House) untuk meningkatkan trafik, peringkat dan visibilitas dalam penjualan online. Tingkatkan bisnis hotel anda bersama ecommerceloka.